Saturday, August 23, 2014

PERBEDAAN BUKU PENGAYAAN DAN BUKU TEKS

Bagi para penulis tentunya sudah paham sekali karena sangat berbeda antara buku pengayaan dan buku teks. Pengertian buku teks adalah buku yang dibuat mengacu atau berdasarkan kurikulum yang berlaku yang diterbitkan oleh pemerintah. Kemudian buku pengayaan adalah buku penunjang buku utama (buku teks) yang digunakan oleh peserta didik dan dalam penulisan naskah buku pengayaan tidak pengacu kepada kurikulum dan di dalam materi buku pengayaan tidak dibenarkan adanya latihan. Baik buku teks dan buku pengayaan semuanya harus berkualitas dan bermanfaat bagi peserta didik. 

Buku teks sangat banyak sekali jenis dan versinya di antaranya: Buku teks yang dibuat oleh pemerintah, dalam hal ini khususnya Kemendikbud, kemudian ada juga yang dibuat oleh pihak swasta dalam hal ini penerbit-penerbit swasta yang ada di Indonesia. Apa perbedaan antara buku teks yang dibuat oleh pemerintah dengan yang dibuat oleh pihak swasta? Jika dilihat bedanya jelas terlihat diharga bukunya. Buku yang diterbitkan oleh pemerintah sudah jelas ada HET (Harga Eceran Tertinggi). Kemudian pihak swasta biasanya lebih mahal, tetapi ada banyak pendapat bahwa, buku teks yang diterbitkan oleh penerbit swasta mutunya lebih bagus. Tetapi, itu semua diserahkan lagi kepada sekolah-sekolah mau menggunakan buku yang pemerintah atau buku dari pihak penerbit. Untuk sekolah swasta biasanya lebih memilih buku yang diterbitkan oleh pihak swasta, dengan alasan mutu dan kualitasnya lebih baik.

Sedangkan untuk buku pengayaan itu sendiri, tidak ada aturan yang mengikat karena buku pengayaan ini salah satu buku pelengkap perpustakaan. Buku pengayaan sangat penting untuk menambah wawasan peserta didik selain pengatahuan yang didapatkan dari buku teks. Buku pengayaan bisa dijadikan sebagai buku bacaan umum, komik, cerita, atau pendidikan karakter. Buku pengayaan yang baik adalah buku pengayaan yang betul-betul menunjang buku teks yang digunakan di sekolah. Peserta didik bisa meningkatkan kemampuan berfikir dan memperluas wawasannya dengan sering membaca buku-buku pengayaan yang bermutu dan update sesuai dengan keadaan sekarang. Salah satu contoh adalah buku pengayaan yang di dalamnya berisi motivator atau biografi orang-orang sukses. Buku pengayaan seperti itu akan merangsang pemikiran dan pola pikir peserta didik sehingga, mempunyai tekad untuk maju yang diawalai belajar dengan baik dan sungguh-sungguh.

Untuk menyeleksi buku pengayaan dan buku teks, pemerintah berperan sangat penting untuk menjaga kualitas dan mutu buku tersebut. Pemerintah paling tidak setahun sekali mengadakan penilaian buku teks dan buku pengayaan dengan melibatkan pakar-pakar pendidikan yang diambil dari berbagai universitas yang berkualitas dari seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, kita tidak perlu khawatir dengan buku-buku tersebut karena sudah dilihat dan dikaji oleh para ahli pendidikan. Buku-buku hasil penilaian tersebut jika layak digunakan maka buku tersebut sudah mendapatkan SK sebagai tanda bahwa buku tersebut sudah dinilai dan layak untuk digunakan. Demikian artikel ini ditulis mudah-mudahan bisa menambah wawasan yang membacanya, dan selalu berhati-hati dalam memilih buku untuk anak-anak kita.

6 comments:

  1. permisi mas, apakah ada rujukan atau referensi maupun daftar pustaka mengenai artikelnya? saya memang sedang mencari penegasan untuk konsep buku teks dan buku suplemen untuk penelitian tesis saya...apabila berkenan saya mohon bantuan infonya..terimakasih

    ReplyDelete
  2. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Do my exam online provides you flexibility and security to the examination process

    ReplyDelete
  5. If you are one of such students who is seeking an expert to Do my exam now , we offer affordable and confidential online exam help with results as bright as the sun.

    ReplyDelete